Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Walau Pakai Jilbab

Mempunyai rambut sehat dan indah adalah dambaan setiap wanita tak terkecuali bagi wanita yang menggunakan jilbab, karena bagi wanita muslimah menutup aurat adalah kewajiban salah satunya ialah rambut. Akan tetapi sering kali wanita yang menggunakan jilbab mempunyai masalah dengan rambut seperti kerontokan, ketombe, lepek, dan bahkan rambut yang berbau.

Saat ini banyak wanita muslim yang memutuskan menggunakan jilbab dalam kesehariannya.. Karena memang wanita muslim mempunyai kewajiban menutup aurat seperti rambut, leher, telinga, dan kepala. Akan tetapi bukan berarti rambut yang di tutupi jilbab tidak di rawat justru harus lebih diperhatikan.

Banyak orang beranggapan bahwa merawat rambut yang ditutupi jilbab sangat sulit.. Mungkin karena rambut yang ditutupi jilbab jarang terkena udara.. Bahkan bagi yang mempunyai rambut panjang harus dikuncir atau dikonde setiap hari, sehingga menyebabkan rambut patah. Karena selalu tertutup rambut juga sering lembab dan panas sehingga bisa menyebabkan kerontokan bahkan berketombe.

Memang perlu perhatian lebih untuk merawat rambut terutama bagi wanita yang menggunakan kerudung, karena mereka menggunakan kerudung hampir setiap waktu dan itu bisa menyebabkan rambut kekurangan oksigen, dan membuat rambut lembab dan panas.

Sekarang, anda tidak perlu khawatir menggunakan jilbab karena ada tips-tips yang bisa anda coba di rumah agar tetap memiliki mahkota wanita yang indah walau dibalik kerudung.

Berikut adalah Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Walau Pakai Jilbab :

* Setelah keramas keringkan dulu rambut sampai benar-benar kering setelah itu anda bisa menutupnya dengan jilbab/kerudung, karena rambut yang basah bisa menjadi lembab di dalam jilbab. Sehingga rambut yang lembab bisa berbau bahkan berketombe dan kulit kepala gatal-gatal.
* Jangan menggunakan karet gelang untuk mengikat rambut karena rambut akan patah-patah dan jangan mengikat rambut dengan kencang. Pergunakanlah ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
* Memilih kerudung yang tepat juga sangat penting untuk menjaga rambut dari kelembaban maka pilihlah kerudung atau jilbab yang mudah menyerap keringat. Misalnya seperti katun atau kaos. Karena kain yang mudah menyerap keringat dan mempunyai pori-pori besar dapat memudahkan sirkulasi udara di kepala. Penggunaan kain sutra dan satin lembut juga bagus untuk rambut berjilbab karena dapat membantu melancarkan sirkulasi udara dalam rambut. Jika anda sudah menggunakannya maka, tak perlu khawatir rambut berjilbab anda tidak bisa bernapas karena sirkulasi udara didalam rambut anda sudah lancar.
* Apabila Anda menyukai kerudung modern yang berlapis-lapis, hindari menggunakan kerudung lebih dari empat helai karena apabila terlalu tebal jilbab anda maka rambut akan semakin sulit bernapas. Dan jangan menggunakan lapisan kerudung yang terlalu kencang. Dan gunakanlah kerudung berlapis-lapis hanya pada saat-saat tertentu saja misalnya pada saat acara penting seperti pesta pernikahan.
* Jika anda akan beraktifitas di luar rumah usahakan tidak menggunakan warna gelap karena warna gelap mudah menyerap sinar matahari. Gunakanlah warna-warna yang lembut seperti putih.
* Menggunakan jilbab bukan berarti anda tidak bisa menyisir rambut. Penting untuk tetap menyisir rambut karena menyisir rambut sama dengan melakukan pemijatan ringan pada kulit kepala yang dapat membantu melancarkan peredaran darah. Jadi sisirlah rambut anda tiga kali sehari, untuk mencegah kekusutan pada rambut. Dan gunakanlah sisir plastik yang bergigi jarang agar rambut tidak rontok pada saat di sisir.
* Saat anda berada di rumah dan tidak sedang menggunakan jilbab maka, biarkan rambut anda terurai agar rambut rileks dan bisa istirahat.
* Kenali jenis rambut anda karena dapat membantu anda dalam merawatnya misalnya dalam hal keramas. Karena bagi yang mempunyai rambut berminyak maka akan lebih sering keramas bahkan bisa setiap hari. Tetapi ada juga rambut yang tetap terjaga kebersihannya walau sudah berhari-hari tanpa keramas. Gunakanlah conditioner sehabis keramas untuk menutrisi rambut anda.
* Gunakanlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut yang berjilbab. Gunakanlah shampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Karena Tanaman tersebut dapat berkhasiat membantu pertumbuhan rambut juga mengurangi kerontokan. Dapat juga memakai shampo yang terbuat dari kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.

Posted on February 23, 2012, in Umum and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • %d bloggers like this: